Minggu, 26 April 2009

Mengapa memulai dengan salam?




Tiada kata seindah doa, salam adalah bagian dari doa yang kita panjatkan untuk manusia seru sekalian alam. Salam meberi kenyamanan bagi kita dan orang yang kita salami. Dalam situasi yang uslit, salam dapat memecah kebekuan hubungan inter-personal.

Kapan salam kita ucapkan?
Tak mengenal waktu, salam dapat kita ucap sebagai pembuka dan penutup. Salam memberi nilai perhormatan dan cinta sesama. Ketika salam tercurah tidak hanya untuk rekan dan kerabat, bahkan juga bagi musuh atau mereka yang bertentangan dengan kita. Hormati mereka dengan salam. Kita akan memulai sesuatu agar diberi jalan keluar yang tepat.

Bagaimana memberi salam?
Kadang terucap, kadang berisyarat. Salam bisa dalam berbagai bentuk, lazim kita bersalaman sebagai tanda. Acap pula orang memberi salam dengan ucapan dan tentu saja salam bisa tersirat dalam lambaian tangan dan gerak hati yang tulus. Semua adalah bentuk salam yang dikenal disekitar kita. Tentu saja 'tindakan' merupakan bentuk sempurna dari salam, tapi jika itu tidak memungkinkan maka salam dapat terucap dengan cara berbeda. Cukup isyarat saja...

Sudahkan anda memberi salam?
Bersegeralah; ASSALAMU'ALAIKUM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar