Minggu, 26 April 2009

Apa pentingnya komitmen?




Apa itu komitmen?
Menyesuaikan kata dengan tidakan sebagaimana yang telah dijanjikan. Komitmen bisa berhubungan dengan diri sendiri dan juga orang lain. Satu komitmen yang ditunaikan, akan memberi arti penting bagi pembangunan jadi diri kita. Manusia akan dinilai dari komitmen yang dibuat, tanpa komitmen tiadalah arti hidup kita sebagai manusia.

Apakah komitmen sama dengan janji?
Janji adalah bagian dari komitmen. Seorang politisi bisa saja banyak janji, tapi kalau sudah berkomitmen itu artinya dia tidak hanya berjanji dalam kata, tapi berikrar pada diri sendiri tentang apa yang seharusnya di realisasikan. Komitmen jelas lebih luas maknanya dari sekedar berjanji, karena komitmen dapat juga berbentuk prilaku dan nilai-nilai.

Siapa yang memegang komitmen?
Subjek komitmen itu adalah personal atau kolektif yang mengikat diri dalam satu kesepakatan. Boleh jadi komitmen itu dibuat oleh diri sendiri, antara 2 orang atau lebih. Namun komitmen pada diri sendiri biasanya akan sulit dievaluasi dalam pelaksanaanya. Komitmen yang melibatkan orang lain cenderung lebih mudah di nilai jika ada hal yang melenceng dari kesepahaman bersama.

Begaimana menjaga komitmen?
Sebaiknya sebelum mengajukan satu komitmen, terlebih dahulu di kaji secara mendalam; apakah kita mampu mencapai komitmen yang akan kita buat. Menimbang secara 'matang' tentang efek yang tditimbulkan dari sebuah komitmen tersebut. Setelah komitmen dibuat, hendaknya secara rasional dijadikan pegangan bersama sehingga tidak mudah berubah. Beranilah mengambil resiko atas komitmen yang sudah dibuat. Karena menjaga komitmen bagian dari perjuangan manusia sejati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar