Minggu, 26 April 2009

Flu Babi?

Akhir-akhir ini nama Babi menjadi trend setalah ditemukan 20 kasus flu di AS. Virus flu babi yang merupakan strain baru dari virus influenza H1N1 berkelakuan persis seperti yang diduga para pakar kesehatan, yaitu tidak terduga. Akhirnya organisasi kesehatan dunia WHO memberi peringatan agar seluruh dunia berhati-hati atas penyebaran virus ini.

Di Meksiko seperti diberitakan www.dw-world.de (26/4/09) kasus orang terinfeksi virus flu babi dan kemudian tewas, bertambah. Menteri Kesehatan Mexiko José Angel Córdova mengatakan, "Kami mendata 81 kasus kematian, yang kemungkinan besar diakibatkan virus baru tersebut. Namun baru 20 kematian yang dibuktikan. Anti-virus yang kami pakai bekerja dengan efisien jika digunakan tepat waktu. Kami punya cukup persediaan obat ini. Kami akan melanjutkan pembagian masker penutup hidung dan mulut dan memberi informasi luas pada masyarakat. Untuk mengurangi resiko penularan, semua pertemuan besar dihentikan sementara. Ini berlaku misalnya untuk acara di gereja, stadion olahraga, teater, bioskop juga cafe dan diskotek, dimana orang berkumpul dalam jumlah besar.“

Taman Kanak-Kanak, Sekolah dan Universitas juga di tutup sampai tanggal 6 Mei. Ini berlaku untuk ibukota distrik dan dua dari 31 negara bagian. Sementara ini pemerintah Meksiko mengeluarkan dua dekrit yang mengijinkan tindakan darurat secara luas.

Pemerintah misalnya berhak menutup restoran untuk menghindari penyebaran epidemi. Turis bisa diperiksa, rumah tinggal diteliti atau peralatan medis disita. President Felipe Calderón meyakinkan, semua tindakan yang diperlukan akan diambil.

Selama akhir pekan ini, kehidupan publik di Mexico City lumpuh. Lebih dari 500 acara dibatalkan. Di berbagai penjuru kota, terutama di stasiun kendaraan umum, tentara membagi-bagikan masker penutup hidung dan mulut secara gratis. Di apotik, masker itu sudah habis terjual.

Dalam kurun satu hari, masker pelindung warna biru, yang menutupi hidung dan mulut, menjadi lambang kota metropolitan yang kebingungan. Ketika pemerintah Meksiko bicara tentang epidemi yang terkontrol, WHO memperingatkan terjadinya pandemi, yaitu penyebaran virus secara global.

Ada berapa jenis flu?

Influenza (flu) sebenarnya bukanlah penyakit asing dan ia relatif mudah disembuhkan. Namun dengan munculnya jenis-jenis flu ganas, banyak orang mulai cemas lantaran bisa mematikan, seperti flu burung, flu babi, dan flu Hongkong.

Bagaimana flu menular?

Penyakit flu dimana cara penularannya melalui udara, sudah dikenal orang sejak ratusan tahun lalu. Ketika penderita pada dirinya muncul gejala batuk-pilek, orang langsung tahu bahwa itu adalah gejala flu. Serangan lebih berat umumnya dibarengi demam (suhu naik samapai 38-40 derajad Celcius), sakit kepala, radang tengorokan, lemas, mual, dan ngilu tulang. Masa inkubasi virus flu berlangsung 1-2 hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar